Rabu, 16 Desember 2015

Kunci Jawaban PKN Kelas XII Kurikulum 13 Hal 83

No.
Jenis Kekuasaan Politik
Peran
Contoh Organisasi
1.
Partai Politik
Peran partai politik di Indonesia adalah untuk menyalurkan ikatan-ikatan terbatas atau primodial suatu masyarakat yang terbagi dari beberapa golongan seperti rasa, suku, agama, bahasa, dan lain sebagainya yang berbeda dalam satu wadah hingga menjadi satu pikiran, satu tujuan, dan satu visi serta misi.
Contoh organisasi partai politik di Indonesia ada PDIP, Hanura, Demokrat,dll.

2.
Kelompok Penekan
Peran kelompok penekan di Indonesia adalah untuk memberikan fasilitas kepada masyarakat atau suatu kelompok tertentu dalam suatu kegiatan dimana tekanan tersebut diberikan oleh pihak penguasa agar apa yang menjadi keinginannya dapat diakomodasikan oleh pemegang kekuasaan.
Contoh organisasi kelompok penekan yang ada di Indonesia adalah Lembaga swadaya masyarakat peduli lingkungan, Lembaga Swadaya Masyarakat Peduli Korban Bencana Alam, dll.
3.
Kelompok Kepentingan
Peran Kelompok Kepentingan di Indonesia adalah untuk menampung setiap pendapat atau masukan dari suatu kelompok dimana mereka yang berkumpul memiliki satu tujuan, satu kepentingan, dan satu keinginann yang dimana mereka mengadakan perkumpulan tersebut karena adanya dorongan-dorongan untuk mewujudkan keinginan atau kepentingan mereka.
Contoh organisasi kelompok kepentingan di Indonesia, Sanggar Seni Musik Tradisional Surabaya, Persekutuan Mahasiswa Kristen-Protestan, dan lain sebagainya.
4.
Media Komunikasi Politik
Peran dari Meria Komunikasi Politik di Indonesia adalah untuk membagikan atau menerima informasi dari atau ke masyarakat. Kini dengan kemajuan teknologi di jaman yang serba “internet” atau “smartphone” Anda tidak lagi perlu menerima komunikasi dari satu individu ke individu lainnya. Kini informasi apapun dapat di akses dengan mudah dan juga cepat karena adanya jaringan internet.
Contoh organisasi Media Komunikasi Politik di Indonesia adalah Media Massa, Pers, Pemilu, dll

Bagikan

Jangan lewatkan

Kunci Jawaban PKN Kelas XII Kurikulum 13 Hal 83
4/ 5
Oleh

Subscribe via email

Suka dengan artikel di atas? Tambahkan email Anda untuk berlangganan.