Selasa, 15 Desember 2015

Seni Lukis Kolase

http://www.sangkringartspace.net/wp-content/gallery/image-karya-9-satu/m-wachid-iswahyudi-green-hero-kolase-90-x-110-cm-2010.jpg
Sumber:dedoyxp.blogspot.co.id
Pengertian
Seni Lukis Kolasi adalah cabang dari seni rupa yang meliputi kegiatan menempel potongan-potongan kecil berbagai macam benda seperti potongan logam atau kain yang direkatkan pada suatu permukaan sehingga membentuk sebuah karya kolase.
Dalam seni lukis, kolasi bentuk asli dari material yang digunakan harus tetap terlihat, jadi kalau menggunakan sobekan kertas koran, benda bekas, material tersebut harus masih dapat dikenali bentuk aslinya walau sudah dirakit menjadi satu kesatuan

Sejarah
Seni lukis kolase berkembang pesat di Venice, Italia, kira-kira pada abad 17. Selanjutnya seni ini kian berkembang di Perancis, Inggris, Jerman, dan kota-kota lain di Eropa. Seni lukis kolase menjadi media yang digemari kalangan seniman disebabkan keunikan tampilannya yang menuntut kreatifitas tinggi. Pelukis Pablo PicassoGeorges Braque dan Max Ernst terkenal dengan karya lukis menggunakan teknik kolase kertas, kain dan berbagai objek lainnya.

Teknik Kolase

- Teknik Azaleoteknik soting (sobek gunting) dengan cara menyobek/menggunting secara teratur, sehingga saat disusun/ ditempel akan memberikan kesan gambar merupakan bidang utuh, bukan potongan-potongan.

- Teknik mozaikteknik soting namun sobekan atau guntingannya tidak teratur, lalu hasil sobekan/guntingannya disusun lalu ditempel sesuai pola/gambar yang dibuat.

Bagikan

Jangan lewatkan

Seni Lukis Kolase
4/ 5
Oleh

Subscribe via email

Suka dengan artikel di atas? Tambahkan email Anda untuk berlangganan.